Langsung ke konten utama

Perlu Kerelaan Para Relawan

Beberapa hari lalu di Kota Banjarbaru telah dibentuk pasukan khusus untuk melakukan sosialisasi Pemilu 2019. Mereka yang merupakan mitra resmi KPU Kota Banjarbaru tersebut dinamakan sebagai Relawan Demokrasi. Percayalah, itu bukan sebuah nama yang ringan untuk disandang.

55 (lima puluh lima) orang kawan yang akan bergerak ke sepuluh basis pemilih strategis. Basis keluarga, pemilih pemula, perempuan, dan lain-lain. 55 orang yang berangkat dari latar belakang berbeda, gaya komunikasi yang tak sama, presentasi diri yang tak serupa.
Relawan Demokrasi | Pemilu 2019 | Kota Banjarbaru
Maka sudah barang tentu, ketika langkah pertama sudah diambil, perlu segera bersiap untuk mengambil langkah berikutnya. Mungkin tak mudah. Kawan-kawan harus segera mengorganisir diri. Membuat perencanaan, mengimplementasikan ide, mewujudkan gagasan.

Sebagian pada antara kawan-kawan mungkin sudah pernah bersinggungan dengan politik, dengan pemilu. Sebagian lagi belum pernah. Terlepas dari itu semua, terlihat sebuah pemikiran yang sama. Sebagian mungkin memiliki kegundahan pada keadaan. Ada kepedulian.

Hanya saja, satu hal yang mungkin perlu disadari adalah, membawa gagasan-gagasan ideal ke tengah masyarakat yang begitu beragam, tidak akan semudah anak kost memilih menu makan siang disaat uang saku bulanan sudah begitu mengkhawatirkan.

Gagasan yang dibawa oleh kawan-kawan adalah gagasan besar tentang demokrasi, tentang kedaulatan rakyat, tentang martabat pemilih, tentang bagaimana sebaiknya memilih calon pengurus negara ini. Gagasan-gasan besar yang harus diakui cukup abstrak, namun disuguhkan kepada publik yang bahkan diantaranya adalah warga negara yang masih harus memikirkan hal-hal nyata sehari-hari. Urusan makan, pakaian, pekerjaan, dan lain-lain.

Mungkin hal itu adalah sebuah kesulitan, tapi pada saat yang bersamaan itu juga sebuah tantangan. Apakah kita bersama-sama mampu menjadi media yang mempertemukan kedua hal tersebut. Bertemu dan harmonis.

Pada akhirnya, sungguh diperlukan kerelaan kawan-kawan Relawan Demokrasi. Untuk mengalahkan diri sendiri (jika memang harus), untuk terus menyemangati diri. Demi sebuah hal yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang: BERTINDAK NYATA.

Selamat pada seluruh kawan RELASI Banjarbaru.
Semoga semua masuk surga.
Bahagialah selalu.

Komentar

  1. Semoga pemilu 2019 Sukses berjalan dengan tertib dan lancar serta Relawan KPU dapat bekerja sama dengan baik dan solid 🙌

    BalasHapus
  2. Lancar dan semoga di ridhoi Allah semua yg kita lakukan

    BalasHapus
  3. Rekawan, rela melawan halangam dan rintangan demi suksesnya pemilu serentak 2019, salam KPU .

    BalasHapus

Posting Komentar