Langsung ke konten utama

Ternyata Custom Domain Blogger Sudah Support SSL

Benar-benar baru sadar ternyata custom domain pada layanan blogger/blogspot sudah didukung oleh SSL (Secure Socket Layer), dan gratis. Usut punya usut, nampaknya fitur ini sudah mulai disediakan pada penghujung tahun 2017 lalu. Sebelumnya dukungan SSL ini hanya tersedia bagi sub-domain blogspot (https://subdomain.blogspot.com).

Blogger Supports Custom Domain
Blogger Supports Custom Domain

Kini, dengan tersedianya dukungan SSL bagi custom domain, maka pengguna blogger yang menggunakannya sudah bisa menggunakan fitur yang sama. Contohnya ya blog ini, yang sekarang sudah menggunakan https. Meski tidak ada kirim-kirim data yang teramat penting melalui blog ini, semisal buat transaksi keuangan, dan lain-lain.

Cara mengaktifkannya?

Kecuali dasbor menggunakan bahasa lain selain Bahasa Indonesia, maka judul menunya jadi beda. Masuk saja ke dasbor/admin blogger (draft.blogger.com), buka Setelan dan atur pada bagian pengaturan Dasar. Nanti akan terlihat pengaturan HTTPS. Nah, di situ buat mengaktifkannya. Aktifkan Ketersedian dan Pengalihan HTTPS. Mudah, dan itu sangat. Tunggu beberapa saat, maka kemudian akan aktif dan seluruh pengunjung akan dilayani melalui sambungan yang dienkripsi.
Mengaktifkan HTTPS pada Custom Domain Blogger

Ya udah. Gitu aja.

* Selain itu: TERNYATA adalah sebuah kata yang biasa digunakan bagi orang-orang yang baru menyadari akan satu atau beberapa hal.

Komentar