Verba Volant, Scripta Manent

Ungkapan "Verba Volant, Scripta Manent" konon berasal dari pidato Caius Titus seorang senator Romawi, yang menunjukkan bahwa kata-kata yang diucapkan mungkin dengan mudah dilupakan, tetapi dokumen tertulis selalu bisa meyakinkan dalam urusan publik.#1

Sebuah makna yang terkait adalah bahwa jika dua orang ingin membuat perjanjian formal tentang sesuatu, lebih baik untuk menuliskannya, bukan hanya memiliki perjanjian lisan.

Namun, mari maknai dengan sederhana dalam konteks yang umum, bahwa apa yang diucapkan bisa lupa/hilang namun apa yang tertulis akan tetap ada. Menuliskan akan memudahkan. Mungkin begitu. Cobalah jika belanja ke pasar, hanya dengan mengingat apa yang harus dibeli, tentu akan berbeda dengan mereka yang sudah memiliki daftar belanjaan yang tercatat rapi.

Mungkin sebab itu, sejak dulu punya buku yang berisi catatan ide ataupun pikiran yang muncul selintas. Suatu saat kemudian dibuka lagi, dan siapa tau ada yang bisa diimplementasikan sekarang. Atau setidaknya, kalau jalan kemana, mesti ada buku catatan yang dibawa. Sekarang? Mungkin bisa memanfaatkan aplikasi memo/dan sejenisnya yang jamak terdapat dalam gadget.

Selain itu, tentu juga bisa dituliskan pada blog. Karena itulah saat ini sedang agak kerepotan dan kebingungan mengumpulkan kembali sekian tulisan yang pernah terserak di beberapa blog untuk dijadikan satu di sini. Hal yang cukup menyulitkan adalah karena back-up tulisan dahulu tersebut ternyata tidak semuanya ada dalam email.

Biasanya, apa yang dituliskan dalam blog akan diback-up menggunakan feed, dan otomatis dikirimkan ke email. Biar tersimpan dan ada cadangan. Ternyata, tidak semuanya, ada juga yang cuma sepenggal, karena saat itu tidak memberikan feed secara utuh.

Ya... sebagaimana kata orang-orang, menyesal memang bukan pendaftaran!

#1 Verba Volant, Scripta Manent

Komentar

  1. jd teringat akan database blog saya dulu yg tak terselamatkan itu oh...

    BalasHapus

Posting Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Original Soundtrack (OST) Dilan

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Sales Selang & Regulator yang Kurang Ajar!