Terungkap: Fungsi Sebenarnya Alarm

Jika merujuk pada Wikipedia, maka alarm secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitahuan. Sementara itu menurut KBBI, alarm adalah: 1 tanda bahaya berupa sinyal, bunyi, sinar, dsb; 2 alat mekanik yg dirancang untuk memperingatkan akan adanya bahaya atau kerusakan.

Tapi sudahlah soal itu definisi. Kita tinggalkan saja. Ini semata-mata soal fungsi alarm yang pada prinsipnya adalah untuk memberitahu atau memperingatkan. Bagaimanapun ragam bentuk alarm yang dipunya, fungsi dasarnya akan tetap begitu. Termasuk yang sudah begitu jamak, yakni alarm yang ada pada telepon seluler (ponsel).
Punya alarm? Sering pakai alarm?
Mungkin yang paling umum contoh penggunaan alarm adalah buat membangunkan. Selain itu juga mengingatkan waktu atas sesuatu.
Berdasarkan pengalaman pribadi, ya untuk dua keperluan itulah menggunakan alarm dalam aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi dengan jam tidur yang memiliki keteraturan tersendiri (baca: tidak teratur jika menurut orang banyak).

Terungkap: Fungsi Sebenarnya Alarm
Terungkap: Fungsi Sebenarnya Alarm
Hanya saja, yang lagi-lagi berdasar pada pengalaman pribadi dan ditambah dengan pengalaman pribadi-pribadi kawan lainnya, soal alarm buat membangunkan tidur ini semacam ada kesamaan. Yakni: matikan alarm, dan lanjutkan tidur. Terlebih lagi jika waktu dan/atau kondisi pada saat alarm berbunyi itu sangat kondusif untuk tidur lagi.
Sebab itulah, barusan saja ini kepikiran, jangan-jangan fungsi sebenarnya alarm itu ternyata adalah sebagai sarana latihan seseorang agar bisa mematikan alarm tepat waktu. Ya naik dikit adalah sebagai alat buat cek kuping. Masih mendengar dan bereaksi? Kuping masih bagus. Tidak mendengar sama sekali? Tidurnya nyenyak sekali.
Tentu saja, kesimpulan tersebut sangat tidak bisa dipertanggungjawabkan dalam bentuk apapun selain dari pada sebagai sebuah apologi. Sehingga tidak layak untuk dipakai sebagai acuan untuk apapun juga kecuali untuk menghibur diri sendiri. Karena ingatlah ini: Jangan menunggu orang lain menghibur diri kita sendiri. Masing-masing kita juga bisa melakukannya. Kita bisa bikin bahagia diri sendiri.

Hanya saja, kalau yang ada baca ini gegara memang mencari fungsi sebenarnya alarm, ya cukup lihat alinea pertama itu di atas, jangan kutip lainnya di sini, agar tidak tersesat. Penulisan judul memang sedang dalam keadaan sebal melihat tautan-tautan yang banyak berseliweran di media sosial dengan menggunakan kata-kata provokatif semacam terungkap ; akhirnya terbongkar ; terkuak ; dan lain sejenisnya.

Komentar

  1. kalo sebagai fungsi sebagai alat cek kuping, saya setuju hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah jika setuju. Ada temen lagi yang sama :D

      Hapus

Posting Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Original Soundtrack (OST) Dilan

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Sales Selang & Regulator yang Kurang Ajar!