Tiga Rahasia 'Sulap Terbesar'

Sejak bertahun-tahun, salah satu hal menarik dan sering kali dilakukan di rumah adalah menonton pertunjukan sulap melalui internet, terutama YouTube. Ini memang satu-satunya jalan agar bisa nonton sepuasnya. Banyak sekali video permainan sulap yang ada di sana. Sesekali teringat bahwa sewaktu dulu masih SMP, pergi ke Banjarmasin bersama Abah, untuk kemudian membeli buku yang berjudul Sulap Kartu yang ditulis oleh Temple C Patton.

Bahkan saat kelas 1 SMA pernah berujung disuruh menghadap ke guru piket, sebagai akibat main sulap kartu sebab mempraktekkan isi buku tersebut . Nantilah kisahnya soal ini. Kali ini soal tontonan sulap itu saja dahulu.

Kini, banyak betul video yang bisa disaksikan, dan pertunjukan yang mengagumkan. Tidak terbatas hanya nama-nama besar dalam pertunjukan sulap. Banyak pula yang muncul dalam tahun-tahun terakhir ini. Misalnya saja Shin Lim, yang kemudian sangat dikenal setelah kemunculannya pada acara pesulap Penn & Teller. Ada pula Yu Ho Jin, manipulator kartu yang triknya mantap itu, dan banyak lainnya lagi.

Hanya saja, hampir rerata pada video-video yang disaksikan menemukan hal yang menyebalkan. Menyebalkan di sini tentu saja adalah pendapat pribadi yang tidak mewakili instansi manapun juga, serta dirasakan secara sadar tanpa berada di bawah tekanan pihak manapun juga.
Menyebalkan sekali jika ada komentar-komentar yang berusaha menjelaskan bagaimana trik-trik dilakukan. Hal itu sungguh menyebalkan bagi seorang penikmat.
Bukankah bagian yang paling membuat menarik dari sebuah pertunjukan sulap itu rahasianya? Walau mungkin pula sebab itulah maka banyak yang ingin mengorek-ngorek. Sementara bagi seorang penikmat, rahasia-rahasia itu biarlah menjadi milik pesulap, karena itulah sesuatu dibalik pertunjukan yang menjadikannya begitu luar biasa. Apa asyik dan menariknya sulap jika sudah tahu rahasianya?
Dan... kadang merasa, bahwa hidup ini mungkin lebih kurang mirip pertunjukan sulap. Justru yang membuat hidup ini semakin menarik dan kehidupan menjadi begitu luar biasa adalah pada rahasia-rahasia besar yang takkan pernah diketahui.
Jika hidup ini miliki prinsip yang sama dengan pertunjukan sulap, maka sudah pastilah rezeki, jodoh, dan maut adalah rahasia paling besar yang pernah ada. Bahkan takkan ada pesulap yang dapat memecahkan rahasianya. Bahkan, tanpa perlu menganalogikan dengan sulap, begitulah sudah nyatanya. Selamat membongkar rahasianya jika mampu. Jika tidak, maka jalanilah.

Komentar

  1. soal sulap, di luar soal filosofi dll dsb dst di atas itu, tetaplah favorit saya mas David Blaine..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm... lagi-lagi tak sama kalau soal ini. suka, tapi bukan favorit itu Blaine.

      Hapus

Posting Komentar