Pidi Baiq: 'Dan Abu Bakar Pun Menangis'

Lebih kurang 2 (dua) hari lalu, Pidi Baiq, Imam Besar The Panasdalam itu rupanya telah mengunggah sebuah track lagu "yang tak biasa" melalui akun SoundCloud-nya. Lagu yang tak biasa itu berjudul "Dan Abu Bakar Pun Menangis". Tak biasa? Iya, ini jika dimaknai mengikut kebiasaan lagu-lagu Pidi Baiq maupun The Panasdalam dalam pemahaman umumnya.

Bagi kengkawan yang muslim, tentu sudah pernah mendengar kisah Abu Bakar (RA) yang bertemu dengan seorang pengemis buta yang kebetulan seorang yahudi. Kisah itulah yang kemudian dilantunkan menjadi sebuah lagu oleh Pidi.

Pidi Baiq: "Dan Abu Bakar Pun Menangis"
Pidi Baiq: "Dan Abu Bakar Pun Menangis"
Jika ingin mendengarkan, bisa langsung menuju track dimaksud pada soundcloud, atau bisa juga pada track yang sama namun disisipkan (embed) pada tulisan ini. Terserah saja ini mau dikelompokkan sebagai lagu religi atau apapun. Namun, jika ingin mendengarkan "lagu religi" Pidi Baiq dan The Panasdalam, salah dua diantaranya adalah silakan dengar lagu yang berjudul Menahemana atau Semacam Kasih Sayang.

Lainnya? Silakan cermati sendiri lagu-lagu mereka kalau mau. Walaupun kuyakini sepenuhnya, Pidi dan The Pandal tidak akan pernah peduli itu mau masuk kelompok lagu apapun. Penyebutan sebagai lagu religi di sini agar memudahkan saja bagi mereka yang terbiasa atau suka mengelompokkan genre. Soal ini sebenarnya sudah pernah dituliskan ±4 tahun lalu, pada tulisan berjudul: Sisi Lain Lagu The Panasdalam.

Baiklah, silakan dengar "Dan Abu Bakar Pun Menangis" berikut (jika sisipan tidak muncul, mungkin peramban Anda masih belum mengijinkan soundcloud, maka ijinkanlah):
 

Lirik:
Ada seorang Pengemis Buta Yahudi, Abu Bakar (RA)datang memberi dia makan. kata pengemis itu kamu bukan orang yang sama. Kamu bukan orang yang itu
Orang itu melembutkan makanan, sebelum disuapkan kepadaku. Aku suka memaki-maki Muhammad (SAW) bersamanya. dan dia pendengar yang baik 
Abu Bakar (RA) pun menjawab, ya benar, aku bukan orang itu. Orang itu adalah Muhammad (SAW). Dan kini dia sudah wafat
Pengemis Buta Yahudi pun terkejut, dia tidak tahu bahwa itu Muhammad (SAW). Pengemis Buta Yahudi pun terkejut, dan kemudian dia menangis
Dan Abu Bakar (RA) pun menangis
Dan Abu Bakar (RA) pun menangis
Dan Abu Bakar (RA) pun menangis
Dan Abu Bakar (RA) pun menangis
Bagaimana?
Btw, Itu satu lagi macam suara si Imam.

Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Original Soundtrack (OST) Dilan

Depot Abu Nawaf: Masakan Arab di Banjarbaru