Menjatuhi Poppins Cinta

Salah satu bagian yang mengasyikkan dan kadang melelahkan apabila berubah engine blogging itu adalah utak-atik beragam halnya. Tanpa perlu jauh-jauh mengambil contoh, ya yang ada inilah contohnya. Begitu wahyu.web.id ini yang semula menggunakan WordPress dipindahkan ke Tumblr sejenak, kemudian ke blogspot sebagaimana saat ini, proses ngulik-ngulik itu terus berlangsung.

Meski tercatat secara resmi pertama kali posting di blog adalah tertanggal 18 April 2006, dan notabene itu adalah di blogspot, bukan lantas berarti faham betul bagaimana ini menggunakan blogspot. Sebab setelah 10 tulisan, blog itu kemudian dimuseumkan. Alhasil, ya sekarang mesti belajar lagi, otodidak lagi, sebagaimana biasa.

Salah satu hal yang menarik diutak-atik tentu saja adalah tampilan. Bagaimana agar tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sesuai dengan selera dan kehendak pribadi selaku empunya. Bagus atau tidak menurut orang lain itu relatif. Namun sesuai selera pribadi, itu bisa jadi mutlak.

Satu bagian penting dari tampilan yang begitu saya perhatikan adalah penggunaan jenis huruf. Karenanya, untuk memudahkan dan memastikan bahwa huruf yang diinginkan tidak hanya tampil di perangkat yang saya gunakan, namun juga di perangkat lain yang orang lain gunakan, selalu sajalah suka menggunakan Google Fonts dan beberapa bagian detil menggunakan Font Awesome.

Poppins on Google Fonts
Kali ini, pilihan jenis huruf jatuh kepada yang namanya Poppins. Menjatuhi poppins cinta ini setelah menyusuri beragam jenis huruf yang tersedia di sana. Biasanya, pilihan tidak jauh-jauh dari Roboto, dan beberapa jenis huruf lainnya. Entah karena apa, sehingga baru sekarang melihat yang namanya Poppins ini dan ini menyenangkan.

Tentu saja, tidak serta merta berarti orang lain juga suka dan senang. Toh setiap orang miliki selera pribadi. Hanya saja, jika orang lain suka, ya terima kasih dengan banyak sekali. Jika tidak suka, ya itu bukan urusan saya dan sayanya mohon maaf. Karena tidak mungkin memuaskan dan membuat semua orang suka. 100 manusia tentu berarti 100 isi kepala.

Selamat berjumpa, Poppins. Mudahan kita bisa akrab untuk waktu yang lama sekali. Karena minimal, akunya tidak akan jadi pusing harus merubah lagi jika ada huruf baru yang kurasa lebih bagus lagi.

Catatan perubahan detil lain:
Mulai beberapa waktu terakhir, gambar yang digunakan pada blog ini menggunakan format WebP.

Komentar

  1. pilihan hurufmu kali ini, entahlah bukan favorit saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bisa diduga, dan selera kita memang berbeda
      :D

      Hapus

Posting Komentar