Goreng Telang + Sayur Bening = Nikmat

Salah satu menu yang rasanya nikmat bukan buatan adalah ikan asin! Persisnya adalah ikan asin telang yang digoreng, kemudian disantap bersama nasi putih dan sayur bening. Kalau rerata tiap kali makan hanya seporsi, maka kalau sudah ketemu padu padan telang dan sayur bening ini, hampir dapat dipastikan selalu nambah porsi.

Untuk mendapatkan rasa yang pas, memang perlu menggunakan ikan asin telah yang tepat. Meski namanya ikan asin, tapi rasanya janganlah terlalu asin. Secukupnya saja. Juga dengan dagingnya yang empuk, jangan keras. Ini bisa diketahui waktu beli dengan cara pencet-pencet itu ikan asin.

Goreng Telang plus Sayur Bening
Goreng Telang plus Sayur Bening
Bahkan sekali waktu, saat itu kebetulan lagi di Surabaya, Jawa Timur. Terpaksa sekali harus ke dokter, karena sudah dua hari kepala rasanya pusing dan lebih banyak rebahan. Saat bertemu beliau, Dokter yang kusapa dengan sebutan Om itu pada sebuah klinik swasta, salah satu yang beliau sampaikan adalah, “Kurangi makan yang asin-asin. Masih muda sudah tekanan darah tinggi.”

Bukannya langsung menurut, demi mendengar ikan asin, kontan sambil pening kujawab beliau, “Duh, Om. Padahal makan siang yang paling nikmat itu adalah ikan asin telang pakai sayur bening.”

Om Uci, demikian aku memanggilnya, kemudian malah berkata, “Iya ya… sudah lama aku tidak makan telang.” Nah… rupanya beliau juga penikmat menu yang sama. Namun tentu saja hal ini tak membuat beliau lupa untuk membantu menurunkan tekanan darahku yang saat itu 150/110.

Maka memang sesungguhnyalah, goreng telang plus sayur bening merupakan kenikmatan yang tak bisa didustakan. Sungguh.

Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Original Soundtrack (OST) Dilan

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Sales Selang & Regulator yang Kurang Ajar!