Mobile Friendly

Ramah Seluler, demikian lebih kurangnya terjemahan literal frase mobile-friendly. Istilah yang jamak digunakan dalam pengembangan website/situs internet. Google pun sampai sediakan tool untuk melakukan pengujian, apakah sebuah situs memiliki desain yang mobile-friendly. Apalagi jaman sekarang, apa-apa banyak menggunakan ponsel, ya mungkin mau tak mau kalau bikin situs/media website ya harus ramah seluler.

Mobile Friendly
Hidup sebagian orang saat ini juga, seolah-olah tak bisa lepas dari yang namanya telepon seluler. Semacam ada yang kurang jika tak menggunakan ponsel. Benar bahwa ponsel memudahkan, tapi akan menjadi tak benar jika ponsel yang kemudian mengatur semuanya.

Sudah sering menemukan atau berjumpa dengan seseorang yang terus menerus asik dengan ponselnya sendiri bukan? It’s sucks!

Ponsel, bagaimanapun adalah perangkat teknis, maka biarkanlah ia berfungsi utama untuk hal-hal teknis. Membelipun dengan pertimbangan teknis agar tak boros dan percuma. Ya… sebab ada juga yang beli karena pertimbangan trend namun tak bisa menggunakan bahkan tak mengenal fungsi teknisnya. Itu mubazir.

Kalau secara semena-mena menyelewengkan pemaknaan mobile friendly, ya cukuplah sebatas friendly saja dengan perangkat mobile. Usah berlebih. Kecuali memang berniat mau kawin dengan ponsel, ya silakan…

Komentar