Cara Menggosok Akik yang Baik dan Benar

Pertama-tama tentu harus ditegaskan, bahwa isi tulisan ini bukanlah sebagaimana bila judul dimaknai secara apa adanya. Ini harus ditegaskan dulu, sehingga bila ada yang nyasar ke sini sebab ingin mempelajari bagaimana cara menggosok batu akik yang baik dan benar, kemudian tidak menemukannya, tidak akan marah-marah sebab terlanjur baca sampai habis. Tapi setidaknya, ini memang soal gosok-menggosok batu.

Inilah dia, adikku, lelaki yang dia sehari-hari adalah seorang guru di Kabupaten Balangan, yang jaraknya berjam-jam dari Kota Banjarbaru jika ditempuh lewat jalur darat. Dia yang kalau balik ke Banjarbaru pada akhir pekan, selalu menekuni hobi barunya: Menggosok batu!

Cara Menggosok Akik yang Baik dan Benar
Memang sekarang benar-benar lagi musimnya ini soal batu. Entah untuk berapa lama. Mungkin tak lama lagi akan berakhir, mungkin pula masih cukup waktu dan lebih dari pada tempo waktu musim ikan atau bunga.
Hanya saja, setelah sekian lama, berpekan-pekan bahkan bulan menyaksikan adikku menggosok batu di samping rumah, serta mendengar suara itu mesin gosok, mau tidak mau akhirnya tergerak juga aku untuk ikut mencoba menggosok batu sendiri.
Berbekal sembarang batu yang diperoleh dari halaman belakang rumah, entah batu apa namanya, walau kemudian kunamakan Bintang Malam, jadilah belajar bagaimana caranya menggosok batu menjadi akik. Tentu saja dengan arahan dari adikku. Aku menurut pada petunjuknya, sebab dia lebih faham. Terlebih hasil gosokannya diakui orang lain memang bagus.

Akhirnya, dengan tekad pantang menyerah walau sekali waktu batunya pecah, dengan tangan yang tidak seluwes adikku macam di video itu, selesai pula gosokan batuku.

Hasilnya? Tentu saja menurutku bagus. Untuk diri sendiri. Adikku senyum-senyum saja melihat hasil karyaku. Lumayan untuk seorang pemula katanya.

Setelah dipasang ikatnya, kupandang-pandang itu karya sendiri. Lumayanlah. Setidaknya dari sisi pernah pula menggosok batu. Walau masih amat sangat jauh dari layak menjadi narasumber tata cara menggosok batu akik yang baik dan benar.

Dan... aku senang. Itu cukup :)

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Original Soundtrack (OST) Dilan

Jadwal Buka Puasa Bersama Ramadhan 1437 H Kota Banjarbaru