Mereka yang Diwakili dan Mewakili

Mungkin dalam hitungan waktu yang tidak terlalu lama lagi, masyarakat Kota Banjarbaru sudah akan dapat mengetahui secara resmi, siapa saja yang akan menjadi wakil mereka, termasuk aku di antaranya. Mengetahui siapa saja yang akan menjadi Anggota DPRD Kota Banjarbaru periode 2014-2019 sebagai produk Pemilu Legislatif 2014 yang baru lalu.

KPU Kota Banjarbaru sudah menjadwalkan untuk melakukan penetapan calon terpilih pada Senin, 12 Mei 2014. Namun tentu saja, para peserta pemilu di Kota Banjarbaru juga sudah memiliki perhitungan dan mereka juga sudah mengetahui hal yang sama. Hanya saja belum resmi.

Bagaimanapun, itulah nanti hasil pilihan warga Kota Banjarbaru. Mau tidak mau, suka tidak suka. Lagi pula bagiku ini bukan lagi saatnya bicara kalah menang, atau sejenisnya. Ini sudah saatnya untuk meramal dan mengawal perjalanan selama 5 tahun ke depan. 30 (tiga puluh) orang akan mewakili lebih dari 240 ribu jiwa penduduk Kota Banjarbaru. (data Pemko Banjarbaru per-2013).

Siapapun dan bagaimanapun kapasitas atau kapabilitas seorang calon anggota legislatif (DPRD Kota Banjarbaru) sudah lewat untuk dibahas, sudah bukan waktunya lagi. Nyatanya, rakyat Banjarbaru sudah membuat pilihan.
Tinggal persoalannya adalah, apakah kita semua, masyarakat Kota Banjarbaru bersedia untuk mengawal mereka semua dalam menjalankan kepercayaan rakyat? Ataukah sebagaian dari kita menyatakan bahwa semua sudah usai lantas membiarkan semua berjalan dengan sendirinya?
Kupikir jangan biarkan mereka berjalan sendiri. Mereka adalah wakil kita. Dimana-mana yang namanya wakil itu ya adalah posisi nomor dua. Nomor satunya tetap rakyat. Tapi dalam konteks ini kekuasaan rakyat ya juga berada dalam sebuah sistem. Rakyat juga tidak bisa semena-mena, apalagi wakilnya. Semua berada dalam sebuah sistem.

Akhirnya, aku hanya berikan sedikit tips. Mau lihat bagaimana kualitas masyarakat Kota Banjarbaru secara umum? Gampang saja, lihat saja kualitas wakilnya.

Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Original Soundtrack (OST) Dilan

Depot Abu Nawaf: Masakan Arab di Banjarbaru