KADISHUBKOMINFO Banjarbaru Maklumi Pelanggaran?

Pernyataan aneh ini muncul dari seorang Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi & Informasi Kota Banjarbaru, Antonie Arpan. Beliau menyatakan melalui media massa (Metro Banjar, 28/2/2013) bahwa, "Tapi kami maklumi juga bila ada yang sudah lebih dulu menaikkan tarif Rp2.000,- untuk roda dua".

Pokok masalah adalah, adanya seseorang yang kesal karena ditarik parkir roda dua sebesar Rp2000 di Banjarbaru, sementara diketahui selama ini tarifnya adalah Rp1000,- kecuali ada event atau acara khusus.

Secara resmi, tarif Rp1.000,- tersebut adalah berdasarkan Peraturan Daerah Kota Banjarbaru yang masih berlaku tentang hal terkait.

Bagaimana dengan tarif parkir roda dua sebesar Rp2000,-?
Itu masih wacana, yang bahkan tidak masuk dalam PROLEGDA Banjarbaru 2013!

Artinya, masih jauh dari sebuah dasar hukum yang jelas dan berlaku.
Perlu digarisbawahi, bahwa ini bukan soal nominal uang, melainkan soal penegakan aturan dan betapa anehnya komentar KADISHUBKOMINFO Kota Banjarbaru tersebut di atas.
Mengapa aneh? Jelas saja aneh. Bahwa yang terjadi adalah pelanggaran, namun dimaklumi serta menjadikan wacana dan rencana yang sangat tidak pasti sebagai argumentasi.

Apa yang menjadi perhatian utama saya adalah, bagaimana logika dasar seorang pejabat publik terkait dengan kebijakan dan penegakan aturan. Jika logika dasar dan responnya adalah sebagaimana di atas, maka jika seluruh juru parkir di Banjarbaru mulai menarik tarif tidak sesuai dengan aturan, maka bisa jadi akan tetap begitu, "kami maklumi".

Atau mungkin, masih dengan menggunakan logika beliau, sekalian saja ditarik parkir roda dua di Banjarbaru saat ini sebesar Rp5000,- karena ada wacana dan rencana untuk menaikkannya pada ±10 tahun yang akan datang.

Tapi sayangnya, saya tidak memiliki keanehan logika yang sama. Maafkanlah...

* Sumber Ilustrasi Parkir: petahidup.blogspot.com

Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Original Soundtrack (OST) Dilan

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Sales Selang & Regulator yang Kurang Ajar!