Realisasi Penataan Murjani Banjarbaru

Kemarin, Rabu 23 Januari 2013, BAPPEDA Kota Banjarbaru mengadakan pertemuan dengan beberapa SKPD dan pihak lain di Banjarbaru guna merumuskan penataan kawasan Lapangan Murjani Banjarbaru. Entah kenapa juga saya sampai ikut diundang untuk hadir. :| Penataan dimaksud ternyata secara kebetulan adalah memiliki substansi yang sama dengan apa yang pernah dituliskan di sini tentang penutupan Lapangan Murjani.

Tentu, saya tidak akan bercerita tentang bagaimana jalannya rapat, itu tidak penting. Substansinyalah yang jauh lebih penting. Bahwa Pemko Banjarbaru tidak lama lagi akan merealisasikan penataan kawasan Murjani Banjarbaru untuk dikembangkan sebagai sebuah kawasan wisata yang lebih representatif.

Kapan akan mulai dilaksanakan?
Jika tidak ada aral, maka model baru kawasan Murjani tersebut akan dimulai pada kisaran waktu minggu ke-2 Februari 2013. Dengan masa ujicoba sekitar satu bulan.
Hal yang dapat membuat realisasi tersebut terkendala hanyalah kesiapan dari perangkat teknis Pemko Banjarbaru yang terkait. Para pedagang di Murjani sendiri para prinsipnya tidak menolak. Jika SKPD terkait siap & berkomitmen, jalan.

Pada rapat tersebut sendiri, saya hanya melontarkan satu hal, yakni perlunya sebuah kerangka waktu dalam tahapan kerja, agar setiap langkah dapat terukur dan mudah untuk dievaluasi. Selebihnya, hanya duduk, mendengarkan, menikmati, dan tentu saja juga menyantap hidangan yang disajikan.

Hanya satu hal itu? Ya... tidak perlu berpanjang kata, jika substansi sudah sama dan disampaikan oleh orang lain, tentu tidak perlu dilakukan repetisi. Biarkan saja, yang penting substansi sudah sampai.

Bagaimana wajah baru Kawasan Murjani Banjarbaru nantinya?

Rencana Penataan Kawasan Murjani Banjarbaru
Rencana Penataan Kawasan Murjani Banjarbaru
Secara singkat dengan menggunakan pointer² saja, mungkin dapat disampaikan sebagaimana berikut ini:
  • Ruas jalan sisi timur dan barat Lapangan Murjani seluruhnya akan terlarang untuk kendaraan bermotor (roda berapapun). Demikian pula halnya dengan bagian dalam lapangan Murjani.
  • Ruas jalan sisi timur dan barat Lapangan Murjani Banjarbaru, akan digunakan sebagai kawasan bagi pedestrian (pejalan kaki) dan juga akan ditempati oleh tenda-tenda bagi para penikmat kuliner.
  • Trotoar sisi dalam lapangan Murjani akan menjadi kawasan lesehan, sementara trotoar sisi luar lapangan akan disediakan bagi para penyedia kuliner.
  • Untuk parkir akan menggunakan beberapa ruas jalan yang ada di kawasan Lapangan Murjani.
  • Penataan ini akan berlaku untuk setiap hari dari pukul 18.00 - 24.00 wita
Akhirnya, mari kita tunggu saja, apakah pada minggu ke-2 Februari 2013 mendatang hal ini dapat terealisasi sesuai rencana. Secara pribadi, saya hanya ikut mendoakan semoga lancar. Untuk kemudian masa ujicoba selama ±1 bulan sampai dengan Maret 2013 dievaluasi untuk kepentingan perbaikan.

Setidaknya, ini yang saya ingat dari hasil rapat kemarin. Memang saya catat, tapi begitu di rumah, entah kenapa saya jadi agak kesulitan membaca tulisan tangan sendiri.



UPDATE:
Berdasarkan informasi resmi yang disampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Banjarbaru, terdapat perubahan/perbedaan dari apa yang sudah disampaikan di atas, yakni sebagai berikut:
  • Realisasi akan mulai dilakukan pada 1 Maret 2013
  • Kawasan parkir nantinya akan menggunakan kawasan dalam Lapangan Murjani
Demikian update/pembaruan informasi ini disampaikan untuk dapat diketahui oleh sidang pembaca yang budiman ;)

Komentar

  1. o,jadi ikut rapat juga.... seep, semoga aja bisa terwujud..

    BalasHapus
  2. kebetulan diundang. semoga lancar nantinya.

    BalasHapus
  3. ente ni.. padahal banyak telihat di kantor daripada murjani.. tapi nang kesah peduli banar tuh.. aku request murjani minggu jadi kawasan bebas asap.. semua jenis asap.. :p

    BalasHapus
  4. hahaha... ya iyadonglah. jika kantornya alam semesta macam ini memang bisa kemana-mana, boi... :D

    BalasHapus
  5. Pertama kali berkunjung ke rumah pian ni, manjanaki matan atas hampai bawah.
    pas tajanaki tulisan Protected By CopyScape DO NOT COPY. Ae damhati bujurunnnah kada kawa dicopy?? :D

    BalasHapus
  6. secara teknis bisa. secara etis? tergantung kondisi, dengan pemberitahuan atau tidak :)

    BalasHapus
  7. izin mengutip pointernya lah om wahyu!

    BalasHapus
  8. Silakan.
    Namun perlu diinformasikan, bahwa pada perkembangannya terjadi perubahan informasi terkait jadwal dan lokasi yang akan digunakan untuk kawasan parkir.

    BalasHapus
  9. Luas Lapangan Murjani berapa yu lah? Lawan ukuran panjang X lebarnya?

    BalasHapus

Posting Komentar