Pasien Juga Punya Kewajiban

Karena adik harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banjarbaru, akhirnya saya berkesempatan untuk kembali mengunjungi salah satu pusat pelayanan kesehatan di Banjarbaru ini.

Kebetulan ruang rawat inap yang diinginkan masih penuh, sehingga sementara akan diinapkan di ruang Kelas I, sebab ada pasien yang baru saja pulang. Jadilah kemudian masuk ke dalam ruangan tersebut. Namun kemudian berujung dengan kaget dan tercengang.

Bagaimana tidak?
Kondisi ruangan adalah sebagaimana baru ditinggalkan pasien terdahulu dan keluarganya. Jadi bisa melihat persis keadaannya.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Banjarbaru
Selain soal aroma yang mengganggu, ada hal yang menarik perhatian saya, yakni kondisi wastafel di ruang rawat inap buat satu orang ini yang tertutup oleh kertas koran. Begitu koran penutup wastafel tersebut dibuka, ternyata isinya adalah tumpukan sampah yang dengan serta merta menghamburkan aroma tidak sedap. Hei..! wastafel rupanya dijadikan tempat sampah :(

Kondisi itu membuat saya berkesempatan untuk kemudian berbincang-bincang dengan beberapa karyawan RSUD Banjarbaru tentang sejumlah fasilitas yang ada.

Saya bingung begitu mendengar cerita bahwa tidak jarang fasilitas yang dimiliki oleh RSUD Banjarbaru ikut pulang bersama pasien dan keluarganya, alias dibawa pulang atau dengan jelasnya dicuri. Bahkan termasuk bantal dan sprei. Ini sungguh tidak patut dilakukan oleh keluarga pasien.

Belum lagi apa yang sering saya lihat dengan mata kepala sendiri sejak dulu, area rumah sakit yang harusnya bersih dan sehat itu dicemari oleh asap rokok dari keluarga pasien. Bahkan di dekat tanda dilarang merokok! Sementara ini saya juga masih perokok, bahkan mungkin dapat dikatakan berat. Tapi tidak pernah mau merokok di area yang harusnya tidak boleh bahkan tegas² dilarang.

Sebab itulah, pasien dan keluarganya harus menyadari, bahwa tidak pada patut jika hanya mau menuntut hak tanpa mau memenuhi kewajiban!

Pasien dan keluarganya juga harus sadar, bahwa di RSUD manapun, mereka miliki kewajiban. Bahwa turut menjaga kebersihan di RSUD itu wajib, kalau di rumah sendiri silakan mau jorok macam apa. Bahwa mencuri fasilitas RSUD itu adalah tindak pidana, tapi kalau mau buang milik sendiri itu silakan.
Perlu diingat bahwa, soal moral itu tidak ada urusannya dengan kekayaan atau tingkat pendidikan. Moral itu kaitannya dengan hati nurani. Menjaga fasilitas yang ada di RSUD Banjarbaru, tidak hanya baik untuk Anda saat ada di sana, tapi juga berarti akan membantu orang lain.
Jadi ingatlah, walau jadi pasien (dan terutama keluarganya), juga memiliki kewajiban. Apa yang tertulis ini hanyalah sebagian dari kewajiban pasien (dan keluarganya).

Komentar

  1. ..isinya dipakai, kulitnya dibuang mambarang, kebiasaan mambari muar.. #esmosi

    BalasHapus

Posting Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Original Soundtrack (OST) Dilan

Jadwal Buka Puasa Bersama Ramadhan 1437 H Kota Banjarbaru