Selamat 62 Tahun Kalimantan Selatan

Pada 14 Agustus 2012 mendatang, Provinsi Kalimantan Selatan akan memasuki usia ke-62 tahun. Usia yang sudah lumayan tua jika dihitung dari awalnya. Tapi usia yang masih muda jika dihitung dari selamanya.

Tentu demikian. Kalimantan Selatan (Kalsel) ini tidak didirikan untuk jangka waktu tertentu.


Tema Peringatan HUT ke-62 Provinsi Kalimantan Selatan kali ini adalah:
Rakat wan Cangkal Urangnya, Manuntung Gawinya.
Dalas Rabah Rimbangun Hagan Banua.
Kemudian disarikan dalam sebuah slogan: Rakat-Cangkal-Manuntung.

Hal yang mendasari pemilihan tema tersebut adalah adanya sejumlah stereotype yang berkembang di masyarakat Kalimantan Selatan, bahkan sampai terdapat istilah khusus yang harus diakui secara obyektif memiliki konotasi negatif.

Apa yang dimaksudkan di atas adalah semisal adanya istilah Bacakut Papadaan serta bahwa handak nyamannya haja sebab urang Banjar telah dimanjakan oleh alam yang kaya akan sumber daya alam.
Apakah lantas kita akan berdebat tentang kebenaran hal itu?
Saya pikir tidak perlu.
Hal mendasar yang kita perlukan adalah mengembangkan sebuah semangat positif dan kostruktif untuk membangun daerah ini. Karena itulah, sebagai antitesis dipilih tema di atas.

Bahwa seluruh komponen masyarakat Kalimantan Selatan harus rukun (rakat) dan gigih (cangkal). Itu adalah dua hal mendasar yang harus dimiliki bersama untuk membangun banua ini. Selain itu tentu, setiap hal yang dilakukan seyogianya sampai tuntas (manuntung). Bukankah kita sudah mengenal semboyan haram manyarah waja sampai ka puting?

Sementara Dalas Rabah Rimbangun Hagan Banua, atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti Siap Jatuh Bangun Untuk Daerah, adalah sebuah ajakan untuk kita semua terus bersemangat dan tidak pantang menyerah.

Sebab bagaimanapun juga, yang namanya proses panjang pembangunan pasti akan menemui ragam kendala. Karenanya, semangat pantang menyerah itulah yang diperlukan. Pembangunan itu tidak akan menyertakan mereka yang gampang berputus asa.

Tujuan yang ingin dicapai? Tidak perlu disampaikan lagi. Sebab saya yakin, setidaknya mayoritas dari kita adalah menginginkan masyarakat yang sejahtera dan bahagia. Itu adalah hal yang nyata. Rasanya tidak ada seorangpun yang ingin derita sebagai tujuannya.

Karena itulah saya lebih menekankan pada hal-hal mendasar yang mungkin perlu untuk kita semua miliki. Untuk kemajuan daerah ini, yakni: rakat, cangkal wan manuntung.
dan iya, memang kebetulan sayalah yang membuat tema dan logo peringatan HUT ke-62 Kalsel tersebut. dan tulisan ini adalah ringkasan dari pemikiran waktu saya kirimkan materi konsep tema dengan total 3 buah alternatif logo kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.
;)
Untuk mengunduh berkas dalam format vector Logo 62 Tahun Kalimantan Selatan di atas silakan buka tautan unduh ini. Berkas vector logo tersebut terletak pada kategori kumpulan logo dan tersedia untuk format SVG dan CDR.

Selamat ulang tahun Kalimantan Selatan. Senanglah Selalu penduduknya...

Komentar

  1. Sa'at ke salah satu situs web, sya menemukan logo tsb kmdian sya mengunduhnya. Setelah itu saya coba publikasikan ke tmn2 lewat fb, hitung2 berbagi kebahagiaan & ternyata hasilnya 'wow', mereka senang dgn logo tsb dan smpai pd akhirnya ada salah seorang sastrawan yg menyuruh sya utk mengunjungi situs web tsb utk mendapatkan info ttng logo "Rakat-Cangkal-Manuntung" dan stlh sya mengunjunginya hasil yg sya dptkan ternyata luar biasa. Good job! ;)
    Terimakasih utk semua informasinya. Salam :)


    mwahyunz:
    terima kasih sekali. tentu ikut senang sayanya. file master logo memang saya sediakan untuk bebas diunduh & digunakan siapa saja pada situs kami lainnya (parama.web.id), lagi pula logo itu sudahpun menjadi milik pemerintah provinsi kalimantan selatan, bukan milik saya lagi tentu :)

    BalasHapus
  2. Tapi tak dapat dipungkiri Anda lah penciptanya dan Kalimantan Selatan patut bangga mempunyai orang seperti Anda ;)
    Dan saya berharap saya bisa menjadi seperti Anda, bisa membanggakan Kalimantan Selatan :)


    mwahyunz
    duh... terima kasih. saya hanya bisa berdoa, semoga semua bahagia dan semua orang saling membahagiakan

    BalasHapus

Posting Komentar