Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Sejumlah helai rambut -yang jumlahnya entah berapa- dijadikan satu, lantas ditarik dengan cara disentak, pada kondisi tertentu akan menimbulkan bunyi atau suara seperti "tok". Tapi tentu saja jangan sampai rambut terlepas dari tempatnya. Anda pernah atau sering melakukan itu?

Saya terhitung sering atau hobi melakukannya, menarik rambut sampai bersuara itu. Walau saya tak tau persis suara itu timbulnya dari mana atau sebab apa.

Menarik Rambut
Tapi yang saya tau adalah, kepala rasanya menjadi lebih ringan. Enak. Tapi tentu saja ini menurut saya, yang jelas-jelas hobi.

Informasi yang saya dapat dari Google tentang hal ini adalah, manyahintuk, yaitu kata dalam bahasa Bakumpai tentang aktivitas menarik rambut hingga berbunyi tersebut. Info yang saya dapat tersebut maksudnya yg ada di halaman 1-3 hasil pencarian google, karena lewat dari halaman 3 saya biasanya sudah malas menelusuri.

Kebiasaan tersebut saya lakukan sejak SMA, kala sekolah di SMAN 2 Banjarbaru, cuma bedanya saat ini saya melakukannya sendiri. Dulu, waktu SMA, selalu ada teman, Susi namanya, yang selalu bersedia untuk membantu saya melakukannya. Saya duduk bersila di lantai, dan Susi duduk di kursi, sambil menarik-narik rambut saya, sampai berbunyi, tok...

Lagi pula sekarang tak mungkin minta bantuan kepada Susi lagi, sudah dapat dibayangkan bagaimana lirikan isteri saya kalau itu terjadi. Walaupun saya yakin-seyakinnya kalau isteri saya bukanlah seorang yang pencemburu. Buktinya, dia tenang-tenang saja kalau saya sering dipaksa-paksa mau ditraktir oleh kawan-kawan perempuan.

Cuma saya memang ingin tau, dari mana asal bunyi itu, apakah dari akar rambut? atau dari mana? Saya juga belum tau efek sampingnya, sebab selama ini yang saya tau cuma rasa nyaman setelahnya, rasa enteng.

Jadi, adakah yang tau :?:

Komentar

  1. Saya jarang sih narik-narikin rambut, pernah sama teman dipijit gitu di kepala..
    Ada bunyinya ada juga yang enggak, enggak tahu kenapa juga bisa bunyi ya..
    Mungkin karena rambutnya sedikit terjambak..

    BalasHapus
  2. No idea mas banjar.. hehe.. lam kenal :grin:

    BalasHapus
  3. wawa...aq coba di rambutku..tapi kog g bunyi ya..ehhehe
    utung saya g pernah iseng iseng narik rambut

    BalasHapus
  4. # mungkin itu suara rambut teriak karena terjambak :D

    BalasHapus
  5. # sama dong, saya juga no idea, salam kenal pula :)

    BalasHapus
  6. # coba terus mas adib, jangan putus asa & jgn sambil iseng, harus serius :lol:

    BalasHapus
  7. xixixi... saya nggak bisa menjawab pertanyaan sederhana itu mas. lha saya coba menjambak rambut saya saja susahnya setengah mati :)
    **model kepala rambut cepak masih bertahan hingga umur berkepala empat ;)

    BalasHapus
  8. # whuihihihi.... artinya Guskar konsisten dengan prinsip. tak terpengaruh oleh perkembangan mode rambut. ga tertarik buat bikin pirang rambut Gus? tapi syaratnya ya harus panjangin dulu :lol:

    BalasHapus
  9. Saya sering bgtu bahkan wajib kalau pas saya lagi pusing.. klo saya ceklok (menjambak sedikit rambut sampai bunyi) rasanya langsung enteeng banget kepala saya dan berkurang banyak rasa pusing nya.. tp klo gak pas lg pusing ya gak bisa bunyi... biasanya area depan sampai tengah yg bs bunyi... tp enggak tau ada efek samping nya apa... tp menurut saya kebiasaan itu sangat membantu meredakan pusing.. (karna dr dulu saya menderita pusing berkepanjangan dan tidak sembuh² dengan obat biasa )

    BalasHapus
  10. Asslamu'alaikum
    asal bunyi (tok) ketika sejumlah rambut ditarik dengan mengejut itu karena bergeraknya syaraf2 yang ada dibawah rambut, seperti saat kita menggelengkan leher dlm keadaan pegal/lelah dan berbunyi (krek) itu juga di akibatkan oleh pergeseran syaraf2 yang mungkin sedang tegang, perlu anda ketahui membunyikan sendi2 pada bagian tubuh itu bs mengakibatkan dampak negative dimana organ2 syaraf dlm jangka waktu tertentu tdk akan berfungsi secara normal dan bs mengakibatkan stroke, syaraf2 pd kepala, leher, punggung, tangan, jari dan kaki semua terhubung dg otak, jika syaraf2 anda tidak berfungsi normal otak akan susah mengatur bagian2 tubuh anda dan anda akan susah bergerak, hilangkan kebiasaan tersebut dr sekarang, utk menghilangkan sakit kepala atau lelah dan pegal sebaiknya anda istirahat yg teratur dan olahraga secukupnya, kompres dg air hangat bagian sendi2 anda yg pegal mungkin bs mengurangi bahkan menghilangkan pegal tersebut.
    Wassalam :v

    BalasHapus

Posting Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Original Soundtrack (OST) Dilan

Jadwal Buka Puasa Bersama Ramadhan 1437 H Kota Banjarbaru