Understand = Under + Stand

Tentu tiada maksud untuk memberikan pelajaran bahasa walanda (demikian datukku menyebut bahasa apapun selain bahasa daerah dan indonesia, termasuk bahasa inggris). Namun kadang bahasa itu memberikan makna tersendiri jika dilihat pada sudut-sudut khusus dan unik, plus mungkin penuh prasangka baik.

Misalkan saja soal pengertian atau pemahaman. Kalau saja understand itu = Under Stand, atau sesuatu yang di under menjadi stand, sesuatu yang di bawah menjadi berdiri, bagaimana jadinya?

Sudah bukan rahasia lagi bahwa padangan sosial tertentu ada yang membagi masyarakat dalam beragam kelas, bahkan ada yang melakukan pertentangan antar kelas. Bahwa kelas pekerja vs. pengusaha, bahwa penguasa akan selalu vs. rakyat, bahwa kelas rakyat miskin vs. rakyat kaya. (- oh ya, sekedar iontermezzo, kenapa jarang sekali mendengar rakyat kaya? apa karena orang kaya tidak lagi disebut rakyat? -)

Ada yang tidak setuju dengan teori pertentangan kelas? ... oh, ini bukan masalah, toh aku juga tak mempersoalkan itu. Adalah sebuah keniscayaan jika masyarakat itu terbagi dalam ragam kelompok. Mungkin sudah hukum alam. Namun perbedaan itu bukan berarti pertentangan dan bukan untuk dipertentangkan.

Kalau selalu mempertentangkan perbedaan, maka itu namanya tidak memiliki pengertian. Justru kalau bisa sih, mereka yang diatas mengangkat yang dibawah. Kalau penguasa dan aparaturnya mengayomi rakyatnya, maka itu berarti sudah mengerti betul tentang fungsi dan tugasnya. Rakyat yang dibawah itu menjadi berdiri.

Rakyat yang selalu berusaha agar tidak membebani pemerintah dan negara, itu artinya rakyat yang mengerti bahwa ia harus berdiri, bahwa rakyat harus stand up. Jangan hanya bisa berharap pada pemerintah dan negara, sebab selalu dan hanya bisa berharap pada pemerintah dan negara itu pada akhirnya juga akan menyusahkan orang lain, a.k.a pembayar pajak lainnya.

Ada lagi perumpaan, bahwa tangan di atas itu lebih baik dari pada tangan yang di bawah, dengan arti kata, pemberi itu selalu lebih baik dari pada penerima. Melalui saling pengertian, tentu bisa dibuat bagaimana yang di bawah ini berdiri, sehingga tak lagi meminta. (Kecuali pengemis dan penjilat intelek, itu memang sudah tak perlu diselamatkan lagi... ffpyuhhhh... wekks cjyuhhh....)

Sudahlah...

*Gambar: IconArchive

Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Original Soundtrack (OST) Dilan

Jadwal Buka Puasa Bersama Ramadhan 1437 H Kota Banjarbaru