Disiplinnya Wakil Rakyat

Sejumlah media massa kemarin memberitakan tentang tingkat disiplin anggota DPRD Kota Banjarbaru. Ada yang dikatakan sudah selama tiga bulan tak masuk kantor. Salah satu berita tak menyebutkan identitas, namun ada juga media yang menyebutkan inisial. AMH namanya.

AMH? Inisial itu hanya merujuk pada Agus Mulya Husin, anggota DPRD Kota Banjarbaru dari Partai Bintang Reformasi daerah pemilihan Banjarbaru I. Kalau tidak salah, untuk pemilu 2009 kembali mencalonkan diri.

Kenyataan ini diungkap oleh Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Arie S. (Golkar) dan Ketua Badan Kehormatan, Joko (PDIP) DPRD Kota Banjarbaru. Untuk apa mengungkap hal ini? Kenapa tidak mengungkap dari sisi lain?

Berkembang analisis bahwa pengungkapan hal ini ke media hanya sebagai usaha untuk mengurangi tingkat persaingan pada pemilu 2009 nanti.

Hal lain lagi adalah, berita ini hanya sekedar usaha untuk menutupi informasi lain pada waktu sebelumnya, yakni berita tentang arogansi Ketua DPRD Kota Banjarbaru.

Mana yang benar? entahlah..

Aku hanya tertarik mengajukan sebuah pertanyaan. Tidak bisakah dalam hal ini kita coba dekati dari sisi lain, yakni mengumumkan kepada publik siapa saja anggota DPRD Banjarbaru yang paling disiplin dan memiliki kinerja paling bagus?

Aku ragu kalau Ketua DPRD Banjarbaru dan Ketua Badan Kehormatan itu memiliki keberanian. Yakinlah, jika mengumumkan para wakil rakyat yang tingkat disiplin dan kinerjanya memuaskan, maka hasilnya akan berbeda dari pada sekedar mengumumkan siapa yang paling sering bolos.

Mengumumkan siapa yang paling disiplin dan memiliki kinerja paling baik secara berurutan dari yang paling bagus ke yang paling jelek, tentu lebih elegan. Masalahnya adalah, bersediakan menepuk air di dulang untuk memercik muka sendiri?

Komentar

Banyak yang baca dalam 30 hari terakhir:

Original Soundtrack (OST) Dilan

Berbahayakah Menarik Rambut Hingga Berbunyi?

Sales Selang & Regulator yang Kurang Ajar!